Header Ads

header ads

Layanan Optimal di Era Pandemi

Terhitung mulai Maret tahun 2020 semua lembaga pendidikan harus melaksanakan pendidikan secara daring. Langkah ini memang harus diambil oleh kemdikbud maupun pemerintah daerah setempat demi keselamatan banyak orang. Karena wabah COVID-19 yang penularannya ganas. Lalu bagaimana langkah yang diambil SDIT Harapan Ummat Ngawi agar tetap bisa memberikan layanan yang optimal di masa pandemi? 

Program layanan pendidikan di SDIT Harapan Ummat selama pandemi kami bagi menjadi dua jenis.

Pertama, adalah layanan luring yang berupa Home Visit. Guru mendatangi rumah siswa satu persatu untuk menggali kesulitan dan kendala yang dihadapi selama pembelajaran. Orang tua bisa mendiskusikan solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi anaknya dengan guru. Tidak dipungkiri bahwa beralih dari kebiasaan yang sudah bertahun - tahun dilaksanakan pasti membutuhkan proses.Dalam proses itu ada kesulitan dan kendala yang dihadapi. Entah peralatan, jaringan internet maupun pendampingan siswa saat belajar daring. Harapannya dari program ini bisa meminimalisir berbagai kendala yang dihadapi siswa sehingga siswa bisa belajar dengan baik. Layanan luring lainnya adalah program life skill berupa fun cooking maupun berkebun. Guru memberikan proyek untuk dikerjakan siswa lalu diupload hasilnya di google form.

Kedua, adalah layanan daring. Untuk layanan daring, kami memanfaatkan Google Classroom, Google Meeting dan video call whatsapp. Mengapa, karena mudah diakses siswa. Kegiatan yang menggunakan sistem daring di antaranya :
- Pembelajaran akademis semua mata pelajaran, melalui Google Classroom
- Sapa pagi antara guru dengan siswa melalui google meet. Hal ini sangat perlu untuk memantau karakter, ibadah, maupun tugas siswa. Di sesi ini, guru juga memasukkan nilai - nilai kebaikan melalui cerita shirah nabi, hadits bahkan cerita berhikmah. Ada juga kegiatan menyenangkan lainnya, berupa tebak gambar, quiz maupun game.

- Pembelajaran Al Qur'an. 

Al Qur'an menjadi salah unggulan di SDIT Harapan Ummat Ngawi. Ada dua program bidang Al Qur'an ini yaitu Tahsin ( memperbaiki bacaan Al Qur'an) dan Tahfidz ( menghafal Al Qur'an). Meskipun di masa pandemi, kegiatan ini tidak boleh berhenti. Tentu dengan memanfaatkan media online. Dalam hal ini kami memanfaatkan videocall whatsapp maupun google meet. Pada sesi ini, guru mengajar dan siswa diminta setoran tahsin maupun tahfidznya

Selain kegiatan di atas, masih ada program insidental lain yang kami laksanakan. Di antaranya adalah peringatan Hari Besar Islam maupun nasional  


                                               

                             
kegiatan berkebun
membuat pupuk dari nasi sisa
                                         
kegiatan sapa pagi
                                          

KBM online

Bagaimana, Anda tertarik dengan layanan pendidikan kami? Silakan daftarkan putra putri Anda 

Tetap sehat, terapkan 3 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak

Posting Komentar

0 Komentar